Calon Mahasiswa Merapat! Ini Dia Prospek Kerja Lulusan Prodi Pariwisata

Calon Mahasiswa Merapat! Ini Dia Prospek Kerja Lulusan Prodi Pariwisata

Jakarta, Ditjen Vokasi - Pendidikan vokasi semakin populer dari waktu ke waktu. Salah satu program studi yang banyak diminati oleh para mahasiswa vokasi adalah Program Studi (Prodi) Pariwisata.

Tak bisa dipungkiri, potensi sektor pariwisata di Indonesia yang sangat besar dan akan terus berkembang membuat Prodi Pariwisata menjadi salah satu yang favorit di masyarakat. Penyelenggaraan pendidikan vokasi di bidang pariwisata ini juga sudah dimulai sejak SMK hingga perguruan tinggi, bahkan juga di lembaga kursus dan pelatihan (LKP).


Prodi Pariwisata adalah program studi yang mempelajari perencanaan perjalanan wisata, perencanaan event, akomodasi, dan pelayanan. Di beberapa kampus, jurusan ini memiliki beberapa peminatan, seperti perhotelan, travel, meeting incentive convention exhibition (MICE), kuliner, dan sebagainya. Akan tetapi ada juga yang menggabungkan semuanya menjadi satu dalam Jurusan Pariwisata.

Melalui Prodi Pariwisata, mahasiswa akan mempelajari banyak hal, seperti manajemen wisata, sistem informasi pariwisata, dan masih banyak lagi. Nah, untuk calon mahasiswa baru yang tertarik belajar di Prodi Pariwisata, berikut adalah informasi mengenai beberapa prospek kerja bagi para lulusan Prodi Pariwisata yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Tour guide atau tour leader

Salah satu profesi yang paling erat hubungannya dengan lulusan pariwisata yaitu tour guide dan tour leader. Kedua profesi tersebut sekilas hampir sama, tetapi sejatinya kedua profesi tersebut sejatinya berbeda.


Seorang tour guide bertugas menjelaskan atau memberi informasi tentang suatu objek wisata yang dikunjungi kepada para pengunjung termasuk di antaranya adalah daya tarik dari objek wisata tersebut. Bisanya tour guide akan bertugas di bus atau hanya di objek wisata. 


Nah, selain menjadi tour guide, profesi lain adalah tour leader. Lulusan Pariwisata berpeluang besar menjadi tour leader yang bertugas untuk memimpin dan mengatur rombongan wisatawan selama tour berlangsung.

2. Tour consultant

Para lulusan Prodi Pariwisata tentunya dibekali dengan pengetahuan mengenai daya tarik wisata. Salah satu profesi yang sejalan dengan pengetahuan tersebut, yakni bekerja di travel agent sebagai tour consultant


Tugas tour consultant adalah membantu calon peserta tour dalam memilih destinasi wisata, terutama dalam menentukan tanggal perjalanan, transportasi sampai biaya perjalanan. Profesi tour consultant diharapkan bisa membantu untuk mewujudkan liburan impian untuk klien. Maka dari itu, seorang tour consultant harus memiliki kemampuan komunikasi dan problem solving yang baik.

3. Event organizer 

Berbekal ilmu yang didapat saat mengambil program studi pariwisata, para lulusannya dapat bekerja sebagai event organizer di suatu perusahaan. Event organizer dibutuhkan untuk mengorganisasi beberapa acara khusus, seperti pesta ulang tahun, konferensi, meeting, sampai acara pernikahan.

Event organizer sendiri bertugas untuk menyelenggarakan acara sesuai dengan keinginan klien dan diharapkan dapat membuat acara jadi lebih teratur dan terkonsep. Tim event organizer diharuskan untuk memiliki kemampuan bekerja dalam tim serta komunikasi yang baik.

4. Travel Blogger

Para lulusan Pariwisata tentu sudah tidak asing dengan kegiatan travelling. Peluang berprofesi sebagai travel blogger atau akan menjadi salah satu pilihan bagi para lulusan Pariwisata. 


Travel blogger adalah orang-orang yang rajin berbagi cerita perjalanannya lewat blog pribadinya. Cerita perjalanannya bisa berisi banyak hal, mulai dari tip mencapai suatu tujuan daerah atau lokasi, kendaraan apa yang digunakan, barang atau perlengkapan yang dibawa, hingga suka duka selama perjalanan.

Berbeda dengan orang yang hanya sekedar hobi jalan-jalan, seorang travel blogger biasanya mencatat secara detail hal-hal perjalanan wisatanya. Travel blogger juga mempromosikan tempat wisata yang dikunjungi, kemudian akan mendapatkan bayaran dari agen travel dan mendapatkan uang dari iklan yang dipasang di blog, website, atau akun YouTube miliknya.

5. Pegawai Negeri Sipil (PNS)

Sudah tidak diragukan lagi bahwa pekerjaan sebagai pegawai negeri sipil masih menjadi salah satu pekerjaan impian bagi banyak orang. Kebanyakan orang mengira kalau prospek kerja lulusan pariwisata tidak jauh dari travel agent dan perhotelan. Pada kenyataannya, terdapat banyak peluang kerja yang terbuka untuk menjadi PNS bagi para lulusan Pariwisata. Para lulusan Pariwisata bisa mendaftar di Kementerian Pariwisata atau Dinas Pariwisata di bidang kebudayaan, kesenian, atau ekonomi kreatif. (Rifqi/Nan/Cecep Somantri)